Apabila kita berbicara mengenai transportasi jalan
maka tak akan lepas dari adanya permasalahan Kemacetan Lalu Lintas di Jalan
raya terutama di daerah – daerah perkotaan dengan kepadatan penduduk yang
lumayan besar. Tidak banyak dari masyarakat barangkali yang memahami apa
sebenarnya yang menjadi faktor penyebab timbulnya kemacetan lalu lintas di
jalan hingga membuat kita semakin trauma apabila melakukan perjalanan melintasi
ruas jalan tertentu. Beberapa hal yang menurut penulis coba indentifikasi
penyebab dasar timbulnya kemacetan antara lain :
- Bertambahnya kepemilikan kendaraan, hal ini menambah jumlah volume lalu lintas di jalan dan kepadatan pun tak bisa dihindari terutama pada ruas – ruas jalan dan jam – jam tertentu;
- Terbatasnya sumber daya untuk pembangunan jalan raya baik prasarana jalan baru maupun peningkatan kapasitas (pelebaran);
- Belum optimalnya pemanfaatan fasilitas lalu lintas yang ada seperti rambu – rambu, trotoar, halte, terminal, jembatan penyeberangan orang dll yang kebanyakan masyarakat menggunakan tidak pada peruntukkannya. Misalnya badan jalan digunakan untuk PKL, trotoar digunakan untuk parkir;
- Belum adanya kesepahaman bahwa transportasi merupakan urusan yang layak mendapat penanganan prioritas disamping urusan kesehatan dan pendidikan, sehingga penanganannya masih minim dan bersifat parsial;
- Belum optimalnya peran serta masyarakat dalam mengutamakan ketertiban dan kedisiplin dalam berlalu lintas.
Beberapa studi banyak dilakukan untuk menemukenali
serta mencari solusi guna mengatasi kemacetan lalu lintas mulai dari instansi
pemerintah, stake holder maupun civitas akedemisi. Akan tetapi masih belum
menunjukan hasil yang menggembirakan karena mungkin tidak semua tentunya
strategi yang bagus dapat diterapkan di wilayah perkotaan di Indonesia serta
perbedaan kebijakan di tataran pemerintah pusat misalnya kebijakan produksi
mobil murah dan ramah lingkungan kontra kebijakan penerapan Mass Rapit
Transport (MRT).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar